Senin, 23 Maret 2015

Awal Mula Terbentuknya Komputer

Sejarah Awal Mula Terbentuknya Komputer, Komputer pada mulanya dibentuk oleh seorang professor matematika di Inggris yang bernama Charles Babbage, beliau mengemukakan ide pertamanya pada tahun 1822 dengan mengatakan bahwa mesin mekanik sangat cocok mengerjakan tugas matematika karena ketika ada kesalahan bisa diulang tanpa ada kesalahan. Lalu beliau mengusulkan sebuah mesin yang bisa melakukan kalkulasi yang dinamai mesin Diferensial.
Lalu 10 tahun kemudian beliau merancang komputer general-purpose yang pertama kali bersama asistennya Augusta Ada. Karena Ada sangat memahami system kerja komputer maka Adapun menjadi programmer yang pertama kali. Dan komputer ini bekerja dengan menggunakan kartu perforasi.


Pada tahun 1889 Herman Holerith mengembangkan mesin uap karya Babbage yang tak pernah terselesaikan. Dan mengembangkan cara kerja kartu perforasi yang digunakan untuk menghitung sensus Amerika yang dengannya penghitungan selesai lebih cepat. Alat ini dinamai Hollerith Tabulating Machine Company.

Analytical EngineAnalytical Engine

Lalu ditahun 1903, John Atanasoff dan Clifford Berry merancang komputer elektrik yang menerapkan metode aljabar booolean pada sirkuit elektrik dan dibuat pada tahun 1940. Namun sayang rancangannya terhenti karena kurangnya dana.
Sejarah Komputer
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa teknologi pada zaman sekarang ini begitu canggihnya, dan itu semua dirancang dari tahun ke tahun supaya lebih memudahkan untuk para penggunanya.
Pengertian Komputer
Dikutip dari Wikipedia, bahwa komputer adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengolah berbagai data menurut perintah yang sudah di program atau dirumuskan. awalnya komputer ini dipergunakan sebagai gambaran yang menggambarkan orang yang dalam pekerjaannya menggunakan perhitungan aritmatika tanpa memakai alat bantu. Lalu kata komputer ini dipindahkan kedalam sebuah mesin. Mulanya mesin ini eksklusif digunakan untuk masalah aritmatika saja, akan tetapi seiring berjalannya waktu mesin ini digunakan untuk tugas yang tidak terlalu berhubungan.
Dengan demikian komputer bisa didefinisikan sebagai alat yang bisa bekerja antara satu komponen dengan komponen yang lainnya untuk memperoleh suatu informasi sesuai dengan program dan data yang ada dengan peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Adapun komponennya yaitu, CPU, Layar Monitor, Printer dan Mouse.

Beberapa generasi dalam sejarah komputer:
  • Alat Hitung Tradisional dan kalkulator Mekanik
  • Komputer Generasi Pertama
  • Komputer Generasi Kedua
  • Komputer Generasi Ketiga
  • Komputer Generasi Keempat
  • Komputer Generasi Kelima
  • Komputer Masa depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar